Kamis, 28 Januari 2016

“Keengganan Untuk Berubah”

BY Nita IN No comments


Tidak ada yang lebih sulit dilaksanakan, lebih rentan dilakukan, atau lebih tidak pasti selain memperkenalkan perubahan. Walaupun dihadapkan pada kebenaran, banyak orang terpelajar tidak mau mengubah pola pikir.
James Lind, seorang ahli bedah Angkatan Laut Inggris, menerbitkan sebuah buku pada tahun 1753 yang menyatakan bahwa skorbut (penyakit rongga mulut akibat kurang vitamin C) dapat dihilangkan hanya dengan memberi sari jeruk lemon pada pelaut. Ia mengutip banyak riwayat kasus dari pengalamannya sebagai dokter bedah diatas kapal. Ia membuktikan bahwa jenis daun lada tertentu, buah asam, jeruk manis, dan jeruk lemon dapat mengubah skorbut. Anda boleh mengira Dr. Lind sangat dihormati dalam sumbangsihnya yang besar, tetapi yang terjadi kebalikannya. Ia jadi bahan tertawaan dan cemooh. Panglima Angkatan Laut dan dokter-dokter lainnya mengabaikan nasihat Dr. Lind selama 40 tahun. Seorang Kapten mengikuti nasihatnya-dan Kapten James Cook yang tersohor itu membawa banyak sekali persediaan buah segar dikapal.
 
The Royal Society memberi penghargaan pada Kapten Cook pada tahun 1776 atas keberhasilannya, tetapi para pejabat tinggi Angkatan Laut mengabaikan laporannya. Baru pada 1794, tahun wafat Dr. Lind, satu eskadron kapal perang Angakatan Laut Inggris dibekali sari jeruk lemon sebelum berlayar. Pada pelayaran 23 minggu itu, tak ditemukan satu pun kasus skorbut. Perlu satu dekade lagi sebelum keluar peraturan agar para pelaut minum sari jeruk lemon dalam ransum harian. Dengan itu lenyaplah Skorbut dari Angkutan Laut Inggris.
 
Jangan biarkan sikap Anda terhadap perubahan atau kecenderungan Anda untuk menghindar, menciptakan hambatan yang membahayakan keberhasilan pribadi Anda.
 
Apa Saja Perubahan Yang Pernah Anda Hindari Padahal Perubahan Itu Begitu Penting Bagi Keberhasilan Tim Anda?

0 komentar:

Posting Komentar